Objek Wisata Favorit Wisatawan di Bangka

Terdapat banyak sekali objek wisata favorit yang tersebar di berbagai kota di Pulau. Bangka. Salah satu yang paling banyak terletak di kawasan pesisir timur Bangka, khususnya di kawasan sekitar kota Sungailiat. Kota kecil yang bersih dan menjadi ibu kota dari kabupaten Bangka.

Tidak seperti objek wisata di kawasan kota Pangkalpinang yang banyak terletak di pusat kota, di tempat ini anda bisa menjumpai banyak sekali pantai-pantai cantik dan mengagumkan. Lokasinya terdapat di pesisir timur pulau Bangka yang berjarak sekitar 20-30 menit dari pusat kota sungailiat.

Anda bisa mengunjungi berbagai daya tarik wisata di Sungailiat bangka dengan berkendara sendiri, menggunakan jasa rental mobil di Bangka atau bila tidak ingin repot anda bisa menggunakan layanan paket tour Bangka dari travel agent lokal.

Oky, daripada penasaran berikut ini kami sampaikan ulasan singkat tentang berbagai objek wisata favorit di kabupaten Bangka atau di sekitaran kota Sungailiat.

8 Objek Wisata Favorit di Bangka Yang Menarik Dikunjungi

1. Pantai Matras
Pantai Matras adalah salah satu obyek wisata yang terdapat di Pulau Bangka. Pantai Matras terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, sebelah timur Pulau Bangka 40 km dari Pangkalpinang dan 7 km dari Kota Sungailiat. Pantai ini merupakan salah satu pantai di Pulau Bangka yang sangat indah dengan pasir putih yang mempunyai tekstur halus dan juga pantainya tergolong landai. Panjang Pantai Matras bisa sampai dengan 3 km dengan lebar pantai 20 sampai 30 meter.

Pantai Matras termasuk pantai yang paling banyak pengunjungnya di Bangka dan Belitung. Tak hanya warga atau masyarakat sekitar saja yang senang berlibur di sini, wisatawan dari luar kota sampai yang berasal dari mancanegara pun banyak yang berkunjung ke pantai berpasir putih lembut ini. Selain itu Pantai Matras juga di latar belakangi oleh pepohonan kelapa dan aliran sungai dengan aliran air yang sangat jernih.

Ketika tiba di Pantai Matras Anda akan langsung dimanjakan dengan panorama pantai yang memikat. Hamparan luas pasir putih lembut dengan bebatuan yang ada di sekelilingnya, membuat Pantai Matras seperti mutiara yang ada di hadapan kita. Pantai Matras sering disebut Pantai Surga karena keindahannya. Selain julukan itu, Pantai Matras pun terkenal dengan nama Pantai Rakyat. Nama ini disematkan pada Pantai Matras karena lokasi atau letak pantai yang mudah di jangkau, plus harga tiket masuk obyek wisata ini cukup ramah di kantong cocok juga untuk tempat wisata untuk bulan madu anda dengan pasangan anda.

Keistimewaan lain dari pantai ini adalah lokasinya yang nyaman dan tenang akan memberikan keleluasaan kepada Anda untuk menyantap makanan sambil bersandar di bebatuan alam dan menikmati keindahan suasana pantai. Dikawasan Pantai Matras juga telah dibangun banyak tempat peristirahatan berupa bungalow sederhana yang kian menambah betah pengunjung. Pemandangan indah di Pantai Matras terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian selatan dan bagian utara.

2. Pantai Parai Tenggiri
Pantai ini terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pantai Parai Tenggiri sama saja seperti pantai-pantai pada umumnya yang memiliki pasir yang putih. namun, yang unik dari Pantai ini adalah air pantainya yang berwarna hijau tosca yang menambah ekosistem pantai tenggiri ini. awalnya Pantai ini di kelola oleh pemerintah setempat namun, sekarang Pantai ini telah di kelola oleh pihak swasta.

Pantai ini adalah wisata yang berkawasan hijau yang di sebut juga Parai Green Resort sebagai bentuk penyelematan lingkungan. bukan hanya yang unik air pantainya saja namun, di pantai ini ada sebuah bebatuan yang berserakan di sepanjang pantai dengan berbagai bentuk dan ukuran bebatuan inilah yang menambah keindahan Pantai Parai Tenggiri ini.

anda dapat melakukan berbagai aktivitas di Pantai ini seperti bersantai, melihat batu-batu yang teronggok diam di tengah air, berenang, sunbathing, menaiki banana boat, Diving dan berbagai aktivitas air lainnya. bagi anda yang hobi memancing, ditempat ini ada penyewaan perahu pancing dengan berbagai alat pancingnya. pantai ini sangat bersih dari polusi udara dan sangat nyaman.

3. Pantai Tongachi
Pantai Tongaci berada di Kampung Pasir, Sungailiat, Kabupaten Bangka, sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya Sungailiat – Belinyu menuju ke Kawasan Wisata Matras. Pantai ini merupakan sebuah marina dan kawasan rekreasi serta penangkaran penyu.

Pantai Tongaci berpasir putih halus dan tidak memiliki banyak batuan granit seperti kebanyakan pantai-pantai di Bangka Belitung. Kawasan pantainya telah direkayasa dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas rekreasi dan fasilitas pendukung lainnya, seperti kamar bilas dan toilet, serta beberapa amenitas seperti restaurant dan tempat pertemuan. Terdapat pula beberapa villa yang dapat menjadi akomodasi wisatawan yang terletak di area Batavia Resort, disebelah pantai ini.

4. Pantai Rambak
Jika Anda berkunjung ke Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Rambak. Pantai yang masih terjaga keasriannya ini, dikelola masyarakat setempat dengan tarif masuk yang relatif murah. Masa liburan akhir pekan, adalah salah satu momen pantai ini dipadati pengunjung.

Pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah. Selain dari warga sekitar, juga hadir wisatawan dari luar Pulau Bangka, seperti dari Palembang dan Jakarta. Pantai Rambak berjarak lebih kurang 10 kilometer dari pusat Kota Sungailiat, Bangka atau sekitar 30 kilometer dari Kota Pangkalpinang, kini menjadi primadona baru wisata pantai yang diminati warga maupun wisatawan.

5. Pantai Tikus Emas
Seperti namanya, pada zaman dahulu (menurut cerita masyarakat setempat) kawasan ini memang dihuni oleh banyak sekali tikus. Selain itu sebelum dikelola dengan baik seperti sekarang kawasan pantai Tikus Emas ini memang terdapat banyak sekali jalan tikus. Kalau pengunjung datang menggunakan kendaraan roda dua, ada banyak sekali jalan tikus yang bisa dijajal untuk mencapai pantai ini.

Lokasi pantai Tikus emas ini terletak di Sungailiat, Kabupaten Bangka. Tepatnya di bagian pesisir timur pulau Bangka. Sebagian jalan masuk masih berupa tanah kuning. Bila anda sudah tahu pantai Tanjung Pesona, bangka, pantai tikus emas ini persis terlatak di sisi sebelah selatan pantai Tanjung Pesona.

Pantainya bisa dilihat dari kejauhan dari bibir pantai pantai Tanjung Pesona. Tapi anda tidak akan tahun keindahannya kalau belum berkunjung dan menikmati langsung suasananya.

6. Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona Bangka, layak disetarakan dengan sejumlah pantai yang menjadi destinasi favorit di Indonesia. Apa kelebihan dan keunikan yang terdapat di pantai Tanjung Pesona. Berikut ulsan singkat redaksi BangkaTour.

Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat kabupaten Bangka. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, di atas tanjung dengan susunan bebatuan besar nan eksotik. Pantai Tanjung Pesona telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang empat.

Pantai pesona memiliki pemandangan yang indah, apalagi saat melihat kearah laut. Air lautnya cukup tenang untuk berenang. Pantai Pesona menawarkan hembusan angin laut nan sejuk. Pepohonan besar yang terawatt baik dikawasan pesona membuat objek wisata Bangka yang satu ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berlibut ke Bangka.

7. Pantai Air Anyir
Pantai Air Anyir, atau oleh orang local disebut dengan Aik Anyer, terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Sungailiat, ibukota kabupaten Bangka. Dari Pangkalpinang, pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dengan mengambil jalan utama menuju arah ke Sungailiat dan setelah melewati Jembatan Batu Rusa, di jalan berjalur dua, persimpangan segitiga, beloklah ke jalan di sebelah kanan dengan penanda sebuah Kelenteng Hakka untuk Guandi, Guanyin dan Dabogong yang sudah tua. Kawasan ini juga dapat dicapai melalui jalan lintas timur Pulau Bangka.

Pantai Air Anyir merupakan pantai yang landai dengan pasir putih dan gelombang laut yang cukup tenang. Selain berenang, pengunjung pantai juga melakukan berbagai aktivitas seperti menjaring ikan atau bermain bola. Dibeberapa bagian juga terdapat beberapa formasi kecil granit. Pohon-pohon cemara laut tumbuh di kawasan pantai. Terdapat beberapa pondok/ sawung yang pada hari libur atau akhir pekan disewakan kepada pengunjung pantai dengan tariff Rp. 25.000.

8. Puri Tri Agung
Padepokan Puri Tri Agung merupakan salah satu objek wisata sekaligus tempat beribadah bagi Agama Budha, Khongfutze dan Laotze yang terletak di kawasan Pantai Tikus, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Vihara yang diresmikan pada Januari 2015 oleh Menteri Agama Lukman Saifudin, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Provinsi Bangka Belitung H. Rustam Effendi ini memakan pembangunan selama 12 tahun.

Arsitekturnya yang megah, unik dan besar menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Selain itu interior dari Vihara ini terbilang cukup mewah. Sebagian masyarakat mengenal Pagoda Puri Tri Agung ini sebagai Pagoda Kuil Sholin.

Anda bisa melihat pemandangan laut dan pantai Tikus (sekarang Pantai Nirwana) dari podium Pagoda ini. Pagoda ini juga rutin sering digunakan sebagai tempat ibadah bagi warga Bangka yang beragama Budha.

Saat hari libur dan hari minggu, jumlah pengunjung bisa sampai ratusan orang. Bagi yang hanya berkunjung sebagai wisatawan biasanya mengabadikan momen didalam dan luar pagoda ini dengan berfoto bersama.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Bangka dari luar kota, atau berkunjung ke Bangka untuk pertama kalinya, Kami sarankan anda untuk menggunakan jasa sewa mobil di Bangka atau bila tidak ingin repot anda bisa menggunakan layanan paket tour Bangka dari travel agent lokal.